Worship Resources Events
Get App
LOGIN
SIGN IN
Forgot Password?
or
10 Peranan Musik dalam Sebuah Ibadah
Salah satu kekeliruan yang yang sering terjadi dalam sebuah ibadah pujian dan penyembahan adalah kecenderungan orang-orang untuk menggunakan istilah “ibadah” sebagai sinonim untuk aspek musikal dari sebuah ibadah pujian dan penyembahan. Pada kenyataannya, musik sebenarnya mempunyai banyak peran dalam sebuah ibadah, di luar dari doa-doa yang dinyanyikan. Berikut adalah 10 peranan musik dalam sebuah ibadah pujian dan penyembahan.

1. Melibatkan
Ibadah pujian dan penyembahan modern seringkali lebih seperti sebuah pertunjukkan daripada sebuah pengalaman yang interaktif. Jemaat seringkali hanya duduk di kursi dan didorong untuk melihat sebuah pertunjukkan. Musik menawarkan setiap orang yang hadir untuk terlibat: bernyanyi, bertepuk tangan dan bahkan bergerak mengikuti irama lagu.

2. Emosi
Musik memberikan orang-orang kesempatan untuk mengekspresikan apa yang tidak dapat diekspresikan dengan kata-kata. Dalam kehidupan sehari-hari, keluhan atau tertawa dapat berarti lebih dari sekedar kata-kata yang dapat menggambarkan mengenai perasaaan yang ada di hati dan pikiran kita. Musik menyentuh emosi kita sedemikian rupa sehingga kita benar-benar dapat merasakan komunikasi kita dengan Allah.

3. Pencair Suasana
Bagi pengunjung yang ingin merasa tidak seperti seorang pengunjung, yang mereka perlukan adalah mendengar sesuatu yang membuat mereka merasa berada di rumah. Hal ini dapat berupa sebuah himne yang familiar bagi mereka atau lagu Kristen yang mereka kenal dari radio, tetapi apapun itu, dinding kekakuan akan mulai runtuh saat seseorang mengenali ada hal yang berbeda dalam sebuah pengaturan yang ada.

4. Mempersatukan Doa
Beberapa gereja berdoa Doa Bapa Kami bersama sebelum memulai ibadah, tetapi ada juga beberapa yang tidak. Ketika jemaat menyanyikan lirik sebuah lagu, mereka juga mendoakan doa dengan kata-kata yang sama bersamaan. Dan kesatuan doa dalam sebuah jemaat adalah hal yang sangat berkuasa.

5. Memperkaya
Kita pergi ke sebuah museum karena digerakkan oleh karya seni. Kita datang ke konser musik untuk memiliki pengalaman hidup yang diperkaya. Musik dalam sebuah ibadah pujian dan penyembahan memberikan kesempatan yang lebih dalam, lebih luas, dan lebih utuh untuk benar-benar mengalami sebuah kehidupan dan menjadi manusia sepenuhnya.

6. Sinyal atau Tanda
Musik menginformasikan kepada kita ketika ibadah hendak dimulai, ketika kotbah hendak selesai, suasana hati seperti apa yang seharusnya kita rasakan. Hal ini juga sebagai sesuatu yang menandai kelender kita: musim dingin tidak akan menjadi musim dingin tanpa hadirnya lagu-lagu natal, sebuah pernikahan takkan tereasa lengkap tanpa iringan lagu “Canon in D” oleh Pachelbel, dan sebuah pemakaman tidak akan terasa cukup tanpa diiringi lagu “Amazing Grace”.

7. Kesukaan atau Kenikmatan
Sebuah ibadah yang hanya dipenuhi oleh kotbah-kotbah dan pembicaraan akan terasa sedikit kering. Musik membantu kita menikmati waktu kita sebagaimana kita menyembah Tuhan.

8. Pengisi Kekosongan
Sedikit keheningan bukanlah sesuatu yang buruk, tetapi musik dapat menggabungkan diri ke beberapa saat keheningan tersebut dengan keindahan dan inspirasi. 

9. Pemicu sebuah Keintiman
Orang-orang sering terkejut pada saat-saat keindahan dan terinspirasi untuk menyembah Tuhan. Namun, mereka tampaknya terhubung dengan Tuhan dalam kondisi yang sudah diatur sebelumnya – meletakkan diri mereka dalam sebuah posisi dan keadaan sekitar yang kondusif untuk sebuah keintiman dengan Bapa. Musik adalah sebuah pemicu emosional dan rasional untuk orang-orang berhenti dan secara sadar memutuskan untuk mengambil waktu untuk lebih dalam lagi bersekutu dengan Tuhan.

10. Ekspresi Seni
Seiring dengan bernyanyi, orang-orang dalam jemaat Anda mempunyai kesempatan untuk mengekspresikan mereka secara seni dengan musik. Beberapa akan mengambil bagian dalam tim pujian, beberapa akan bermain dengan lonceng, beberapa bergabung dengan grup akapela, dan beberapa menggunakan musik untuk menilai pengumuman video yang mereka gabungkan bersama di Macbook mereka. Musik membiarkan orang-orang  meciptakan sebuah seni penyembahan yang mengundang lainnnya untuk bergabung dalam puji-pujian kepada Bapa.
Testing Article
Unlimited Worship Notification testing. Unlimited WorshipNotification testing. Unlimited
“Christ Is Enough”: Rahasia dalam mengikuti Yesus
Cerita dibalik lagu "Christ is Enough" memiliki banyak makna, seperti apa
Membangun Identitas Penyembah
Siapapun kita, seberapapun usia kita, kita tidak akan pernah menjadi maksimal saat kita